Capaian Kesehatan Lingkungan Puskesmas Onembute 2013

6:23 AM

Persentase Rumah Sehat
Dalam penilaian PHBS ada dua macam rumah tangga, yaitu rumah tangga dengan balita dan rumah tangga tanpa balita. Untuk rumah tangga dengan balita digunakan 10 indikator, sehingga
nilai tertinggi adalah 10; sedangkan untuk rumah tangga tanpa balita terdiri dari 8 indikator, sehingga niiai tertinggi delapan (8). PHBS diklasifikasikan 'kurang' apabila mendapatkan miai kurang dari enam (6) untuk rumah tangga mempunyai nilai kurang dari lima (5) untuk rumah tangga tanpa balita.
Persentase rumah tangga sehat yang ada di Puskesmas Onembute tahun 2012 seluruhnya sebanyak 736 (52,2%) dari 1.409 atau 95,8% rumah yang dipantau  yang tersebar di 10 Desa.

Persentase Rumah/Bangunan bebas jentik nyamuk Aedes
Secara Nasional, pada tahun 2003 telah dilaksanakan survei vektor pada 8 kota / kabupaten yaitu; Deli Serdang, Bunyuasin, Minahasa, Maros, Kota Padang, Balikpapan, Kupang dan Jayapura. Hasil menunjukkan bahwa Container Indeks Positif (Jentik) untuk rumah yang strata sebesar 15,8%, sedangkan untuk rumah yang tidak strata Container Indeks Positif sebesar 23,06%. Container Indeks Positif  Tempat-Tempat Umum  sebesar 24%. 
Hasil pengumpulan data programer Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Onembute tahun 2012, kerja bakti massal dan Pembersihan Sarang Nyamuk (PSN) pada sarana umum, sekolah, dan lingkungan pemukiman penduduk yang dilakukan oleh masyarakat dan petugas Sanitasi menunjukkan hasil pengamatan jentik dengan jumlah rumah yang diperiksa sebesar 1.409 (95,8%). Sedangkan persentase rumah/bangunan yang bebas jentik sebesar 1.2058 (85,73%).

Keluarga dengan sumber air minum terlindung
Sehari-hari, kita memerlukan air untuk minum, mandi, cuci, masak dan sebagainya. Sedangkan keberadaan sanitasi yang bersih sdan sehat juga tidak bisa dianggap remeh keberadaannya. Sayang, tidak semua orang bisa mengakses air bersih dan mendapatkan sanitasi yang memadai untuk kebutuhan hidup. Air yang notabene nya diciptakan Tuhan, dikelola oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk rakyat, rupanya saat ini telah menjadi barang mahal saja. Jika kita lihat, masih banyak orang yang harus merogoh kocek dalam hanya untuk mendapatkan satu liter atau se-jerigen air. Selain itu, banyak daerah di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia masih mengalami kesulitan untuk memperoleh air.
Persentase Keluarga Yang Memiliki Akses terhadap Air Bersih di Puskesmas Onembute tahun 2012, jumlah keluarga yang ada sebesar 1.847 jiwa, jumlah keluarga yang diperiksa sebesar 1.471 (79,6%). 

Persentase Institusi Dibina Kesehatan Lingkungannya
Upaya pembinaan kesehatan lingkungan dilakukan terhadap instansi dalam menjaga lingkungannya yang di lakukan secara berkala. Upaya yang dilakukan mencakup pemantauan dan pemberian rekomendasi terhadap aspek penyediaan fasilitas sanitasi dasar (air bersih dan jamban). pengolahan sampah, sirkulasi udara, dan pencahayaan. 
Hasil pengumpulan data Puskesmas Onembute tahun 2012 menunjukkan hasil pengamatan institusi yang dibina kesehatannya 45 (100%).

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images