Capaian Status Gizi Puskesmas Onembute 2013

6:04 AM

Persentase Kunjungan Neonatus
       Neonatus adalah Bayi yang lahir dalam presentasi belakang kepala melalui vagina tanpa memakai alat, pada usia kehamilan genap 37 minggu sampai dengan 42 minggu, dengan
berat badan 2500-4000 gram, nilai Apgar >7 dan tanpa cacat bawaan. 
       Hasil pencatatan KIA Puskesmas Onembute pada tahun 2012, jumlah Kunjungan Neonatus 0 – 7 hari sebanyak 120 ( 100% ) dan  KN 8-28 hari sebanyak 117 (97,5%).

Persentase Kunjungan Bayi
       Hasil pengumpulan data / indikator cakupan kinerja SPM bidang kesehatan Puskesmas Onembute tahun 2012 menunjukkan bahwa persentase kunjungan bayi di Puskesmas Onembute sebesar 92,5%

Persentase Kunjungan BBLR Ditangani
     Berat Badan Lahir Rendah (kurang dari 2.500 gram) merupakan salah satu faktor utama yang berpengaruh terhadap kematian perinatal dan neonatal. BBLR dibedakan atas 2 kategori yaitu BBLR karena premature dan BBLR karena Intrauterine Growth Retardation (IUGR), yaitu bayi yang lahir cukup bulan tetapi berat badannya kurang.
       Hasil pencatatan dan Pelaporan Puskesmas Onembute Tahun 2012 tercatat jumlah bayi lahir sebesar 120 bayi. Hasil penemuan kasus BBLR sebesar 2 bayi atau persentase 1,7%, dengan persentase penanganan BBLR sebesar 100%.

Balita dengan Gizi Buruk
     Puskesmas Onembute telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah gizi yang ada di masyarakat dengan berbagai macam program kerja dalam menurunkan status gizi kurang dan gizi buruk. Hal ini merupakan problema khusus yang sangat serius, untuk itu melalui Biaya Operasional Kesehatan (BOK) Puskesmas Onembute telah melakukan berbagai program untuk menangani masalah tersebut dengan memberikan bantuan berupa Penyuluhan Gizi dan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Posyandu dan di Rumah Pemulihan Gizi (RPG) yang ada. 
       Hasil pencatatan dan pelaporan program gizi Puskesmas Onembute Tahun 2012 tercatat jumlah balita yang ada sebanyak 634 anak, untuk balita yang pernah ditimbang di Posyandu sebanyak 388 anak atau 61,2%, dan tidak ditemukan anak balita dengan status gizi buruk.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images